Total Tayangan Halaman

Rabu, 30 Maret 2016

Diet Rendah Garam dan Diet Rendah Karbohidrat



Diet lebih sering diartikan untuk menyebut suatu upaya menurunkan berat badan atau mengatur asupan nutrisi tertentu dengan tujuan untuk mengatur berat badan terutama mengurangi berat badan. Sebenarnya diet ditujukan bukan hanya untuk menurunkan atau mengatur berat badan namun tujuan diet seharusnya yang utama adalah untuk hidup sehat

Diet juga terdapat bermacam macam jenisnya tergantung dengan prioritas makanan yang di konsumsi maupun tidak dikonsumsi diantaranya diet rendah garam dan diet rendah karbohidrat.

Diet Rendah Garam

Garam (NaCl) merupakan salah satu elemen yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu diet rendah garam tidak dianjurkan untuk dilakukan oleh semua orang. Yang dimaksud dengan diet rendah garam (RG) adalah pembatasan penggunaan garam dapur (sodium klorida/ natrium klorida) maupun derivatnya (banyak dalam makanan yang diawetkan seperti sodium benzoate, dll), biasanya diberikan sekitar 3 – 5 gram sehari. Adapun kegunaan diet rendah garam untuk membantu mengurangi timbunan cairan yang berlebihan dalam tubuh misalnya di bagian kaki, membantu menurunkan tekanan darah bagi mereka yang sensitif terhadap sodium, menurunkan risiko penyakit jantung dan ginjal . diet rendah garam dapat membantu menurunkan berat badan karena :

• Rasanya yang tawar ikut menurunkan selera makan, sehingga asupan makanan secara keseluruhan ikut berkurang.
• Garam yang berlebihan dalam makanan akan ikut menahan cairan sehingga berat badan ikutan naik karena cairan.
Dengan mengurangi asupan garam tentunya akan ikut mengurangi jumlah cairan yang tertahan dalam hal penurunan berat badan (BB).



Diet Rendah Karbohidrat 

Dalam jurnal penelitian terbaru, diet rendah karbohidrat lebih terbukti bermakna menurunkan BB. Namun harus diingat juga bahwa karbohidrat tetap merupakan zat gizi makro yang sangat diperlukan tubuh terutama otak dan sel darah merah. Oleh karena itu melakukan diet rendah karbohidrat tidak berarti tidak makan bahan makanan sumber karbohidrat sama sekali, karena tubuh masih membutuhkan minimal 130 gram karbohidrat dalam sehari. Nilai 130 gram karbohidrat jika diterjemahkan dalam bentuk nasi sekitar 325 gram.

Jadi jika ingin diet rendah karbohidrat tubuh anda harus menerima asupan karbohidrat sebesar 130 gram.

Demikian ulasan mengenai diet rendah garam dan diet rendah karbohidrat semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar